Tips Untuk Mengatasi Penyakit Diabetes Mellitus Secara Alami

Posted by on Aug 1, 2012 in Blog, Kesehatan | 0 comments

diabetesPenyakit Diabetes Mellitus (DM) yang juga sering dikenal dengan sebutan penyakit kencing manis atau penyakit gula darah merupakan golongan penyakit berbahaya yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu menghasilkan hormon insulin kebutuhan tubuh.

Insulin adalah salah satu hormon yang dihasilkan oleh pankreas yang bertugas untuk mengontrol jumlah/kadar gula dalam darah dan insulin dibutuhkan untuk merubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang diperlukan tubuh manusia. Hormon insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Sejak jaman dahulu, diabetes telah diobati dengan obat-obatan alami dari tanaman, Penyelidikan ilmiah baru-baru ini telah mengkonfirmasi keberhasilan banyak tanaman dalam mengelola kadar gula penderita diabetes. Berikut adalah tiga macam sayuran dan tanaman tersebut :

  1. Brotowali (Tinaspora Crispa)Tanaman brotowali mengandung senyawa aktif tinokrisposid yang berkhasiat mempercepat keluarnya hlukosa melalui peningkatan metabolisme atau disimpan secara langsung sebagai lemak. Bagian yang paling sering digunakan dari brotowali adalah batang dan akarnya yang secara traditional direbus untuk diminum.
  2. Pare/ Paria (Momordica Charantia)
    Pare atau Paria adalah sayuran tropis yang dibudayakan secara luas di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan, dan telah lama dipakai dalam pengobatan traditional sebagai obat diabetes. Pare mengandung streoid saponin yang dikenal sebagai charatin, peptida yang menyerupai insulin. Senyawa aktid ini meningkatkan regenerasi sel-sel, merangsang sekresi insulin di pankreas, dan merangsan penyimpanan glikogen di liver yang secara keseluruhan berdampak menurunkan gula darah pada pasien diabetes tipe 2. Cara traditional mengkonsumsi pare sebagai jamu adalah dengan memerasnya menjadi jus.
  3. Gymnema sylvestre
    Gynema adalah tanaman merambat seperti sirih yang tumbuh di hutan tropis. Daunnya bulat telur dan bunganya berwarna kuning kecil berbentuk seperti lonceng. Bahan aktif tanaman ini, asam gynemic, diekstrak dari daun dan akar, dan membantu menurunkan dan menyeimbangkan tingkat gula darah. Bentuk unik molekul asam gymenic, mirip dengan glukosa sehingga memungkinkannya mengisi reseptor sel pada lapisan usus untuk mencegah penyerapan molekul gula.

Ekstrak tanaman ini dapat menjadi pengganti yang sangat baik untuk obat penurun gula darah karena membantu pankreas memproduksi insulin pada diabetes tipe 2 (di mana tubuh penderita memproduksi terlalu sedikit insulin atau tidak mampu menggunakan insulin secara efisien). Gymnema juga meningkatkan kemampuan mengendalikan kadar gula darah pada diabetes tipe 1 dengan cara memperbaiki sel beta pankreas dan merangsang pembentukan insulin.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>