Manfaat Tanaman Tapak Liman Untuk Tubuh

Posted by on Jan 3, 2013 in Blog, Kesehatan | 0 comments

Kalian pernah tidak mendengar tumbuhan tapak liman? Tapak liman merupakan tumbuhan liar di lapangan rumput, pematang, selain itu juga bisa ditemukan dalam jumlah banyak yang terdapat di dataran rendah sampai dengan 1.200 m di atas permukaan laut. Tanaman ini memiliki ciri-ciri tegak, berambut dengan akar yang besar, tinggi mencapai 10-80cm, batang kaku, bercabang dan beralur.

Tanaman ini memiliki sifat kimiawi dan efek farmakologis. Rasanya pahit, pedas, dan sejuk. Kandungan kimia yang terkandung dari tanaman ini antara lain epifriedelinol, lupeol, stiqmasterol, triacontan-1-ol, dotria-contan-1-ol, lupeol acetate, dan masih banyak lagi.

Tanaman ini juga bermanfaat dalam mengobati penyakit. Beberapa penyakit yang bisa diobati diantaranya adalah infulenza, demam, amandel, radang pada tenggorokan, radang mata, dysentery, diare, akibat gigitan ular, batuk, busung air, sakit kuning, radang ginjal, bisul, radang rahim, keputihan, dan juga anemia atau kurang darah. Seluruh bagian dari tanaman ini bisa kita pakai sebagai obat, dan tentu saja tanaman ini membuat kita sehat alami.

Nah itu dia beberapa manfaat tanaman tapak liman dalam menyembuhkan beberapa penyakit yang terkadang kita derita. Jika kita melihat profil tanaman ini termasuk tanaman liar, berarti sebenarnya obat-obatan sudah tersedia di sekitar kita, hanya kita saja yang tidak pernah menyadarinya. Semoga artikel ini bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>