Kenali Gejala & Cara Pengobatan Penyakit Chikungunya

Posted by on Aug 15, 2012 in Blog, Kesehatan | 0 comments

chikungunyaChikungunya merupakan sejenis demam virus yang disebabkan alphavirus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk dari jenis Aedes aegypti. Namanya berasal dari sebuah kata dalam bahasa makonde yang memiliki arti “yang melengkung ke atas”, merujuk kepada tubuh yang membungkuk akibat gejala – gejala arthritis penyakit ini.

Gejala utama terkena penyakit Chikungunya adalah tubuh tiba – tiba terasa demam diikuti dengan rasa linu pada persendian. Bahkan, salah satu ciri khas penyakit Chikungunya adalah timbulnya rasa pegal – pegal dan rasa sakit pada tulang, ada juga yang menyebutnya sebagai demam flu tulang. Gejala – gejalanya memang mirip dengan infeksi DBD dengan sedikit perbedaan pada hal – hal tertentu. Virus ini dipindahkan dari satu penderita ke penderita lain melalui nyamuk, antara lain Aedes aegypti. Pada anak kecil sering ditandai dengan demam secara mendadak, kulit kemerahan. Ruam – ruam merah itu muncul setelah 3-5 hari. Mata biasanya menjadi merah diikuti dengan tanda – tanda  seperti flu.

Rasa nyeri luar biasa yang dirasakan oleh penderita chikungunya membuat si penderita tidak dapat tidur dengan nyenyak, bahkan akan sangat kesulitan untuk menggerakkan jari-jarinya. Satu-satunya cara untuk mencegah penyakit chikungunya adalah dengan cara memberantas nyamuk pembawa virus tersebut serta menjaga kebersihan lingkungan. Penyakit Chikungunya sering di hubungkan dengan kelembapan udara dan curah hujan. Sehingga pada saat musim penghujan kita harus waspada terhadap resiko terjangkit berbagai macam penyakit, termasuk penyakit chikungunya salah satunya.

Tidak ada obat yang khusus untuk dapat mengatasi penyakit chikungunya. Walaupun sama – sama disebabkan oleh virus yang dibawa nyamuk Aedes aegypti, penyakit chikungunya ini berbeda dengan penyakit demam berdarah karena pada penyakit chikungunya tidak terjadi pendarahan hebat dan tidak dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini cukup diobati dengan cara istirahat yang cukup, mengkonsumsi obat demam bila perlu karena sudah merasa tidak nyaman, serta antisipai terhadap kejang demam bila terdapat riwayat kejang dalam keluarga. Penyakit chikungunya akan sembuh sendiri dalam jangka waktu kurang dari 7 hari sejak merasakan gejala nyeri dan ngilu pada tulang dan sebaiknya anda mengkonsumsi suplemen yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh anda menjadi kuat kembali



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>