Hubungan Olahraga Dengan Sistem Daya Tahan Tubuh

Posted by on Feb 3, 2013 in Blog, Gaya Hidup | 0 comments

60986-12032115530561

60986-12032115530561

Mungkin sejak dahulu kita tahu bahwa olahraga sangatlah baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun kerap kali merasa malas untuk melakukan hal tersebut, walaupun kita tahu bahwa olahraga memiliki dampak bagi sistem daya tahan tubuh kita.

Di dalam ensiklopedia, olahraga di artikan sebagai gerak badan yang dilakukan oleh satu orang ataupun lebih seperti sebuah regu atau rombongan. Sementara itu, di dalam Webster’s Collegiate Dictionary (1980), olahraga di artikan sebagai keikutsertaan dalam aktivitas fisik untuk mendapatkan sebuah kesenangan dan aktivitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga pertandingan.

Dari dua definisi yang sudah di artikan di atas, terlihat bahwa olahraga memiliki kaitan dengan pergerakan anggota tubuh. Dapat beruba beragam aktivitas yang mengikutsertakan tubuh. Oleh karena itu, olahraga sangatlah memberikan dampak dengan sistem daya tahan tubuh. Pada saat olahraga pun, tubuh kita akan menghasilkan sebuah energi yang nantinya akan sangat berpengaruh dengan aktivitas yang akan di lakukan oleh kita sehari hari. Untuk menghasilkan energi tersebut ada dua simpanan energi utama yang di gunakan yaitu simpanan karbohidrat dan juga simpanan lemak.

Tubuh kita memiliki simpanan karbohidrat dengan jumlah yang tidak terlalu banyak yaitu sekitar 0,5 kg. Simpanan karbohidrat tersebut memilik bentuk glikogen otot, glikogen hati, dan juga glikogen darah. Sementara simpanan karbohidrat jumlahnya sangat terbatas, sedangkan simpanan lemak memiliki jumlahnya yang lebih banyak. Simpanan lemak berada di dalam jaringan adipose dan di dalam otot sebagai triasilgliserol.

Energi yang di hasilkan melalui aerobik lebih cenderung tersedia dalam jangka waktu yang panjang bagi tubuh. Sebaliknya, energi yang di dapatkan melalui anaerobik cenderung waktunya lebih pendek bagi tubuh. Jangka waktu energi tersedia bagi tubuh kira – kira 5 sampai 10 detik.

Mendapatkan energi secara aerobik adalah sebuah proses yang tidak menghasilkan apapun sehingga lebih sehat dibandingkan dengan mendapatkan energi secara anaerobik yang menghasilkan asal laktan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>