Cara Menurunkan Demam Pada Anak Dengan Obat Tradisional

Posted by on Aug 9, 2012 in Blog, Kesehatan | 0 comments

Cara Mengatasi Demam Pada AnakBanyak orang tua panik saat mengetahui suhu tubuh anaknya sangat tinggi atau disebut demam. Sebagai pertolongan pertama yang dapat dilakukan, biasanya orang tua memberikan anaknya obat penurun panas seperti parasetamol. Jarang sekali orang tua yang langsung teringat memberikan obat-obatan tradisional kepada anaknya.

Obat – obatan traditional yang berasal dari tanaman obat ini sebenarnya tak kalah ampuhnya untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Malah, obat-obatan tradisional memiliki kelebihan, yaitu toksisitasnya relatif lebih rendah dibanding obat-obatan kimia. Jadi, penggunaan obat tradisional relatif lebih aman daripada obat – obatan yang mengandung kimia. Bahkan penggunaan obat tradisional tidak akan efek samping bila pemakaiannya benar.  Karena, kandungan tanaman obat bersifat kompleks dan organis sehingga dapat disertakan dengan makanan, suatu bahan yang dikonsumsi dengan maksud merekonstruksi organ atau sistem yang rusak. Selain itu, harganya pun relatif murah. Inilah beberapa tanaman yang dapat dijadikan pilihan untuk menurunkan panas sang anak :

  1. Temulawak
    Temulawak memiliki zat aktf germacrene, xanthorrhizol, alpha betha curcumena, dan lain-lain. Manfaat temulawak adalah untuk anti peradangan, antibiotik, serta meningkatkan produksi dan sekresi empedu. Temulawak sejak dahulu banyak di pakai sebagai obat penurun panas, mengobati sakit kuning, maag, diare, meningkatkan nafsu makan, perut kembung, dan pegal-pegal.
  2. Air Kelapa Muda
    Air kelapa muda banyak mengandung mineral, antara lain kalium. Pada saat panas, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Air Kelapa muda berfungsi untuk menggantikan keringat yang keluar, perbanyaklah minum air kelapa.
  3. Kunyit
    Kunyit memiliki kandungan minyak atsiri, turmeron, curcumin, dan zingiberen yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti oksidan, dan anti perdangan. Selain sebagai penurun panas, campuran ini dapat juga meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Daun Kembang Sepatu
    Selain daun kembang sepatu, anda juga dapat menggunakan daun sirih. Kembang sepatu mengandung flavonoida, saponin, polifenol, dan minyak atsiri.

Penggunaan tanaman obat dengan dosis yang tepat tidak akan menimbulkan efek samping dan aman. Jika anda ingin anak anda selalu sehat, anda dapat memberikan multivitamin kepada anak anda seperti memberikan multi vitamin spirulina.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>