Cara Menjauhi Remaja dari Bahaya Merokok

Posted by on Aug 5, 2012 in Blog, Kesehatan | 0 comments

rokok1Rokok adalah produk berbahaya & adiktif karena didalam rokok terdapat 4000 bahan kimia berbahaya yang 69 diantaranya merupakan zat karsinogenik. Zat-zat berbahaya yang terkandung didalam rokok antara lain : tar, sianida, arsen, karbon monoksida, formalin, nitrosamine dll.

Efek rokok terhadap kesehatan sendiri sangat membahayakan, akibat kandungan berbagai bahan kimia berbahaya yang ada di dalam rokok maka dengan merokok sama saja kita memasukkan bahan-bahan berbahaya tersebut ke dalam tubuh kita. Penyakit-penyakit yang diketahui dapat disebabkan oleh rokok antara lain: kanker, gangguan sistem reproduksi, jantung koroner dan pneumonia.

Tetapi walaupun rokok sudah banyak diketahui bahayanya & menimbulkan banyak penaykit, masih banyak saja orang yang tetap merokok. Salah satu alasannya adalah kandungan nikotin di dalam rokok akan menimbulkan kecanduan bagi para penghisapnya sehingga apabila mereka tidak merokok, mereka akan merasakan gangguan seperti berkeringat dingin, sakit perut dan gelisah dll. Kemudian ketika mereka merokok kembali & nikotin telah menyentuh otak lagi, barulah mereka akan merasa tenang & dapat berkonsentarsi.

Oleh sebab itu banyak perokok yang akan terus menjadi perokok seumur hidupnya, walaupun apabila mereka mempunyai keinginan yang kuat untuk berhenti, mereka sulit menghentikan kecanduan mereka terhadap rokok. Salah satu hal lain yang turut menjadi keprihatinan adalah jumlah perokok yang semakin meningkat dari tahun ke tahun , hal ini berarti bahwa terdapat pertambahan perokok baru setiap saat yang kemungkinan besar akan terus menjadi perokok aktif seumur hidupnya. Perokok baru tersebut besar adalah anak-anak & remaja. Untuk anda yang tidak ingin anak anda mulai memakai rokok, anda dapat membimbing anak anda untuk hidup dengan cara sehat seperti berolahraga atau memakan buah-buahan dan sayur-sayuran. Demikian artikel ini, semoga dapat membantu anda menjauhi rokok dari anak-anak anda.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>