Bahaya Merokok Untuk Ibu Hamil

Posted by on Aug 12, 2012 in Blog, Kesehatan | 0 comments

rokokMenghisap rokok adalah kebiasaan buruk yang terus menerus dilakukan pada saat ini, meski berbagai peringatan tentang bahaya merokok telah dikeluarkan. Banyak orang begitu kecanduan dengan merokok tanpa memikirkan akibat dari kebiasaan tersebut, termasuk saat wanita sedang mengandung dan ibu menyusui.

Merokok saat sedang mengandung sangatlah berbahaya. Jika sang ibu merokok selama masa kehamilan dapat merusak janin yang sedang dikandung. Merokok dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi wanita yang sedang mengandung.

Saat seorang wanita hamil, terjadi perubahan fisik pada tubuhnya. Perubahan ini membuat kondisi sang ibu menjadi sangat sensitif terhadap racun. Sedangkan asap rokok mengandung lebih dari 700 zat kimia yang sangat berbahaya.

Seorang ibu yang merokok dapat langsung meracuni bayi mereka bahkan sejak masih dalam kandungan. Hasil riset menunjukkan bahwa pada ibu yang merokok, maka pada bayinya terdapat zat beracun seperti nikotin.

Namun, yang paling berbahaya adalah susunan tali pusar pada wanita hamil yang merokok dapat menyebabkan perubahan. Sedangkan melalui tali pusar inilah, janin menerima semua hal yang dibutuhkan dari sang ibu agar bisa tetap hidup.

Berbagai zat berbahaya seperti zat nikotin, karbon monoksida dan bahan kimia lain yang berbahaya dalam asap rokok memasuki aliran darah ibu. Sang ibu menyalurkannya langsung kepada anak di rahimnya.

Untuk anda wanita hamil yang suka merokok, sebaiknya anda mulai berhenti merokok jika anda menginginkan anak yang anda kandung dapat lahir dengan selamat.Karena rokok dapat membuat daya tahan tubuh si bayi menjadi lemah ketika dilahirkan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>